FARICHA, LAILATUL (2013) PENGARUH HEALTH EDUCATION TERHADAP PENGETAHUAN SISWA SD KELAS IV-V TENTANG MAKANAN BERGIZI SEIMBANG DI MI MUFIDAH KEDUNGTURI KEC. TAMAN KAB. SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]
|
PDF
KT02645_abstract.pdf Download (60kB) | Preview |
Abstract
Masalah gizi kurang masih tetap menjadi masalah penduduk Indonesia khusuusnya di MI Mufidah Kedungturi. Faktor yang mempengaruhi status gizi anak usia sekolah adalah kebiasaan jajan dan kurang pengetahuan anak tentang makanan bergizi. Selain itu banyak jajanan yang kurang memenuhi syarat kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh health education terhadap pengetahuan pada siswa SD kelas IV-V tentang makanan bergizi seimbang di MI Mufidah Kedungturi kecamatan Taman kabupaten Sidoarjo. Desain penelitian menggunakan rancangan pra-eksperimen design (One- Group Pra-post-test Design). Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV-V di MI Mufidah, menggunakan stratified random sampling didapatkan sampel 54 responden. Instrumen kuesioner dan dianalisis menggunakan uji wilcoxon dengan tingkat kemaknaan ρ < 0,05. Variabel yang diukur adalah pengetahuan siswa sebelum dan sesudah dilakukan Health Education. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pengetahuan siswa sebelum dan sesudah Health Education terjadi peningkatan dari 2,24 menjadi 2,73. Hasil uji Wilcoxon Sign Rank Test diperoleh ρ = 0,000 (ρ < 0,05) artinya ada pengaruh Health Education terhadap pengetahuan siswa SD kelas IV-V tentang makanan bergizi seimbang. Health Education berpengaruh terhadap pengetahuan dan perilaku siswa, dengan adanya penambahan pengetahuan, perilaku siswa akan menjadi lebih baik
Item Type: | Undergraduate Thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Health Education, Pengetahuan, Gizi, Anak |
Subjects: | R Medicine > RJ Pediatrics |
Divisions: | Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor |
Depositing User: | Mr. . Adit |
Date Deposited: | 18 Apr 2018 20:34 |
Last Modified: | 19 Apr 2018 23:51 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/2120 |
Actions (login required)
View Item |