MAHARANI, SUKMA PUTRI
(2016)
PENGARUH PENYULUHAN TERHADAP KEMAMPUAN TOILET TRAINING ANAK USIA TODDLER 1-3 TAHUN DI POSYANDU MELATI RT 01 TENGGUMUNG BARU SELATAN SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Masih terdapat anak usia 3 tahun yang memakai pampers saat dirumah maupun diluar rumah dan ada yang masih mengompol bila tidak memakai pampers. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh penyuluhan terhadap kemampuan toilet training anak usia toddler 1-3 tahun di Posyandu Melati RT 01 Tenggumung Baru Selatan Surabaya.
Jenis penelitian ini menggunakan pre eksperimen dengan desain one group pre post test design. Populasinya adalah ibu yang mempunyai anak usia toddler 1-3 tahun sebesar 35 orang. Sampel sebesar 32 responden diambil secara Simple Random Sampling. Data diambil menggunakan kuesioner. Variabel independen penyuluhan dan variabel dependen kemampuan toilet training anak usia toddler 1-3 tahun. Data dianalisis dengan uji Wilcoxon signed rank test dengan tingkat kemaknaan α = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar (59,4%) pre test memiliki kemampuan toilet training cukup baik, dan hampir seluruhnya (87,5%) post test memiliki kemampuan toilet training baik/berhasil. Berdasarkan uji statistik didapatkan ρ= 0,000 < α = 0,05 maka Ho ditolak artinya ada pengaruh penyuluhan terhadap kemampuan toilet training anak usia toddler 1-3 tahun di Posyandu Melati RT 01 Tenggumung Baru Selatan Surabaya.
Penyuluhan kesehatan berperan pada pelaksanaan toilet training anak yang berdampak pada kemampuan anak dalam toilet training. Sarannya diharapkan tenaga kesehatan bersedia membantu memberikan informasi tentang toilet training agar anak lebih berhasil dan bisa mandiri dalam toilet training.
Actions (login required)
|
View Item |