FINANTI, SONYA DEWI
(2017)
HUBUNGAN KEBIASAAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN GANGGUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD TAMAN PEMBINA ANAK SHOLEH SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penggunaan gadget tidak hanya orang dewasa dan remaja saja yang gemar menggunakan gadget, tetapi anak pra sekolah sudah gemar bermain gadget dalam kehidupan sehari-hari, hal ini menjadi masalah yang dominan terjadi pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan kebiasaan penggunaan gadget dengan gangguan interaksi sosial anak usia 3-4 tahun di PAUD Taman Pembina Anak Sholeh Sidoarjo.
Desain penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini orang tua murid PAUD Taman Pembina Anak Sholeh Sidoarjo sebesar 50 orang. Sampel sebesar 45 responden, diambil dengan menggunakan Simple Random Sampling. Variabel independen kebiasaan penggunaan gadget sedangkan variabel dependen gangguan interaksi sosial. Instrument penelitian menggunakan kuesioner. Data di analisis menggunakan uji Rank Spearman dengan nilai signifikan α = 0,05.
Hasil penelitian 39 responden yang mempuyai kebiasaan penggunaan gadget aman sebagian besar 30 (76,9 %) responden mempunyai gangguan interaksi sosial ringan, dan dari 6 responden yang menggunakan gadget berbahaya
hampir seluruh 5 (83,3%) responden mempunyai gangguan interaksi sosial berat, didapatkan nilai ρ = 0,02 < α = 0,05 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak artinya ada hubungan kebiasaan penggunaan gadget dengan gangguan interaksi sosial anak.
Simpulan penelitian ini adalah ada hubungan kebiasaan penggunaan gadget dengan gangguan interaksi sosial anak usia 3-4 tahun di PAUD Taman Pembina Anak Sholeh Sidoarjo. Sarannya terhadap profesi keperawatan diharapkan memberikan dorongan untuk selalu mendukung anak dalam berinteraksi sosial dan dapat menjadi salah satu asuhan keperawatan dalam mengembangkan interaksi sosial anak.
Actions (login required)
|
View Item |