SORAYA, ORNYK ELLYSE (2013) HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK 3-4 TAHUN DI PAUD CAHAYA PELANGI DESA NGEMBUNG GRESIK. [Undergraduate Thesis]
|
PDF
KT02727_abstract.pdf Download (21kB) | Preview |
Abstract
Anak yang banyak mendapatkan stimulasi akan berkembang lebih cepat, Namun, masih banyak anak usia 3-4 tahun di PAUD Cahaya Pelangi yang perkembangan motorik halusnya tidak sesuai tahap perkembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemberian stimulasi dengan perkembangan motorik halus pada anak usia 3 – 4 tahun di PAUD Cahaya Pelangi desa Ngembung Gresik. Desain dalam Penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu dan anak usia 3-4 tahun sebanyak 25 orang, besar sampel 24 responden dengan teknik simple random sampling. Variabel independen adalah pemberian stimulasi, variabel dependen adalah perkembangan motorik halus anak usia 3-4 tahun. Dengan instrumen lembar kuesioner dan observasi. Analisa dengan uji chi-square dengan tingkat kemaknaan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar ibu tidak memberikan stimulasi secara intensif, dan sebagian besar anak perkembangan motorik halusnya sesuai tahapan. Hasil uji statistik chi-square didapatkan p (0,037) < α (0,05) maka Ho ditolak artinya ada hubungan antara pemberian stimulasi dengan perkembangan motorik halus pada anak usia 3-4 tahun. Dapat disimpulkan bahwa semakin intensif ibu dalam memberikan stimulasi maka semakin baik tahapan perkembangan anak. Bagi para ibu agar memberikan stimulasi kepada anaknya sesuai tahapan usia.
Item Type: | Undergraduate Thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Stimulasi, Motorik Halus |
Subjects: | R Medicine > RJ Pediatrics > RJ499-507 Mental disorders. Child psychiatry |
Divisions: | Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Diploma III Midwifery |
Depositing User: | Mr. . Adit |
Date Deposited: | 03 May 2018 20:19 |
Last Modified: | 03 May 2018 20:19 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/2425 |
Actions (login required)
View Item |