HUBUNGAN STIMULASI SENSORI PERSEPSI DINI DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA 12-24 BULAN DI RT 19 DAN RT 20 DESA TAWANGSARI BARAT SIDOARJO

ANDINI, ERIN (2017) HUBUNGAN STIMULASI SENSORI PERSEPSI DINI DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA 12-24 BULAN DI RT 19 DAN RT 20 DESA TAWANGSARI BARAT SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-KP-170032_abstract.pdf

Download (63kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-15903.html

Abstract

Masalah yang sering ditemukan di masyarakat yaitu terdapat beberapa anak yang mengalami keterlambatan berbicara. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa adalah stimulasi sensori persepsi dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara stimulasi sensori persepsi dini dengan perkembangan bahasa pada anak usia 12-24 bulan. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Populasi sebanyak 34 orangtua dan anak berusia 12-24 bulan. Sampel sebanyak 32 orangtua dan anak berusia 12-24 bulan yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Variabel independen adalah stimulasi sensori persepsi dini dan variabel dependen adalah perkembangan bahasa. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuisioner dan observasi. Hasil uji statistik menggunakan uji korelasi Rank Spearman dengan tingkat signifikasi α = 0,05. Hasil penelitian hampir seluruhnya (89,5%) responden memberikan stimulasi sensori persepsi dini dengan cukup dan sebagian besar (62,5%) mengalami perkembangan bahasa yang cukup. Hasil uji korelasi Rank Spearman Sig. = 0,000 (p < 0,05) sehingga p < α maka Ho ditolak yang berarti ada hubungan antara stimulasi sensori persepsi dini dengan perkembangan bahasa pada anak usia 12-24 bulan. Stimulasi sensori persepsi dini yang baik akan membuat perkembangan bahasa anak dapat berkembang secara optimal. Diharapkan tenaga kesehatan khususnya perawat memberikan penyuluhan pada keluarga tentang pentingnya memberikan stimulasi sensori persepsi dini pada anak agar perkembangan bahasa anak dapat berkembang secara optimal.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFirdaus, .0713016904firdaus@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Stimulasi Sensori Persepsi Dini, Perkembangan Bahasa
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ125-145 Physiology of children and adolescents
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 17 May 2018 08:09
Last Modified: 02 Feb 2022 06:07
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/2499

Actions (login required)

View Item View Item