WAHYUNI, RETNO SRI
(2017)
HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN TINDAKAN PERSONAL HYGIENE(KEBERSIHAN RAMBUT) DENGAN KEJADIAN PEDIKULOSIS KAPITIS DI PONDOK PESANTREN PUTRI AN-NURIYAH WONOCOLO SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Pedikulosis kapitis masih menjadi masalah kesehatan masyarakat yang dominan terjadi di lingkungan padat penghuni seperti pondok pesantren. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dan tindakan personal hygiene (rambut) dengan kejadian pedikulosis kapitis di Pondok Pesantren Putri An- Nuriyah Wonocolo Surabaya.
Desain penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini santriwati Pondok Pesantren Putri An-Nuriyah Wonocolo Surabaya sebesar 300 orang. Sampel sebesar 109 responden, diambil dengan menggunakkan Propotional Random Sampling. Variabel independen tingkat pengetahuan dan tindakan personal hygiene rambut sedangkan variabel dependen kejadian pedikulosis kapitis. Instrument penelitian menggunakkan kuesioner dan observasi kepala dan rambut. Data dianalisis menggunakkan uji Chi-Square dengan nilai signifikan α =
0,05.
Hasil penelitian didapatkan sebagian besar (63,3%) tingkat pengetahuan baik, sebagian besar (57,8%) tindakan personal hygiene (rambut) kurang baik dan hampir seluruhnya (89,9%) terkena pedikulosis kapitis. Dari hasil analisis uji Chi-Square tingkat pengetahuan dengan kejadian pedikulosis kapitis diperoleh nilai ρ = 0,029 berarti ρ<α maka Ho ditolak, artinya ada hubungan tingkat pengetahuan dengan kejadian pedikulosis kapitis dan untuk tindakan personal hygiene (rambut)dengan kejadian pedikulosis kapitis diperoleh nilai ρ = 0,001 berarti ρ<α maka Ho ditolak, artinya ada hubungan tindakan personal hygiene rambut dengan kejadian pedikulosis.
Kesimpulannya tingkat pengetahuan dan tindakan personal hygiene (rambut) berhubungan dengan kejadian pedikulosis kapitis. Untuk itu di sarankan perlu adanya gerakan pemberantas pedikulosis kapitis di Pondok Pesantren Putri An-Nuriyah Wonocolo Surabaya.
Actions (login required)
|
View Item |