Rachmawati, Iin and Afridah, Wiwik (2014) Mutu Pelayanan Gizi dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Jurnal Ilmiah Kesehatan (The Journal of Health Sciences), 7 (2). pp. 193-201. ISSN 1978-6743
|
PDF
Mutu Pelayanan Gizi dengan Tingkat Kepuasan Pasien.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
PDF
peer review.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
PDF
turnitin.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Mutu pelayanan gizi merupakan salah satu indikator mutu pelayanan rumah sakit. Tujuan penelitian mengetahui hubungan mutu pelayanan gizi rumah sakit dengan tingkat kepuasan pasien di ruang Teratai RS Islam Jemursari Surabaya. Desain penelitian analiti k cross sectional . Populasinya pasien yang rawat inap ≥ 3 hari di ruang Teratai RS Islam Jemursari Surabaya sebesar 40 responden, sampel sebesar 36 responden, menggunakan consecutive sampling. Variabel independen adalah mutu pelayanan gizi rumah sakit dan variabel dependen adalah tingkat kepuasan pasien. Instrumen menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan uji Fisher Exact Test . Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar (55,5%) menyatakan m utu pelayanan gizi rumah sakit baik dan hampir setengahnya (47,2%) menyatakan puas. Uji statistik Fisher Exact Test didapatkan nilai ρ = 0,007 artinya ada hubungan mutu pelayanan gizi rumah sakit dengan tingkat kepuasan pasien di ruang Teratai RS Islam Jem ursari Surabaya. Simpulan adalah semakin baik mutu pelayanan gizi rumah sakit semakin tinggi tingkat kepuasan pasien. Petugas gizi hendaknya lebih teliti saat mengolah dan menyiapkan makanan yang akan disajikan ke pasien.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas, pelayanan gizi, kepuasan pasien |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing > RT120.I5 Intensive Care Nursing |
Divisions: | Faculty of Health > Program Study of Public Health |
Depositing User: | Mr. . Aji |
Date Deposited: | 22 Jun 2018 10:33 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 05:46 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/2693 |
Actions (login required)
View Item |