PENGARUH PERMAINAN KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP TINGKAT KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK AUTIS DI PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) TERAPI MANDIRI SIDOARJO

ALIYAH, SYAFNINDA NUR (2010) PENGARUH PERMAINAN KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP TINGKAT KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK AUTIS DI PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) TERAPI MANDIRI SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
KT01549_abstract.pdf

Download (61kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-7195.html

Abstract

Autis merupakan suatu gangguan perkembangan pervasif yang secara menyeluruh mengganggu fungsi kognitif, emosi, dan psikomotorik anak. Kemampuan bicara yang terbatas menjadi kendala pokok dalam komunikasi anak autis. Sebagian besar dari mereka belum dapat berbicara, terlambat berbicara, dan berbicara dengan bahasa yang tidak dimengerti artinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan kartu kata bergambar terhadap tingkat kemampuan berbicara anak autis. Desain penelitian analitik eksperimen dengan jenis rancangan Quasy Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak autis yang mengalami keterlambatan bicara. Besar sampel 10 responden diambil secara purposive sampling. Variabel independen permainan kartu kata gambar dan variabel dependen tingkat kemampuan berbicara pada anak autis. data diambil pada bulan 25 Maret-25 April 2010 melalui pemberian kartu kata bergambar pada kelompok eksperimen dengan waktu 1 jam x 26 hari dan ½ jam x 8 hari pada kelompok kontrol, analisis data menggunakan uji t sampel berpasangan Hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata pretest kelompok eksperimen 34 dan kelompok kontrol 33, sedangkan pada nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen 46,2 dan kelompok kontrol 34,8. Sehingga didapatkan hasil uji statistik nilai p (0,001) α (0,05) berarti ada perbedaan yang signifikan rata-rata kemampuan berbicara antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol pada saat post test. Artinya ada pengaruh permainan kartu kata bergambar terhadap kemampuan berbicara pada anak autis. Simpulan dari penelitian ini adalah Semakin lama waktu pemberian kartu kata bergambar dengan frekwensi pemberian yang intensitasnya sering maka dampak yang diperoleh juga semakin terlihat lebih baik kemampuan berbicara pada anak autis.

Item Type: Undergraduate Thesis
Uncontrolled Keywords: Permainan kartu kata bergambar, Kemampuan berbicara. Autis
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ499-507 Mental disorders. Child psychiatry
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 23 Jan 2019 03:44
Last Modified: 23 Jan 2019 03:44
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3383

Actions (login required)

View Item View Item