ABRIANTO, BRIAN PURLI
(2015)
PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA SEMESTER VIII PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN FAKULTAS KEPERAWATAN DAN KEBIDANAN UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA TAHUN 2015.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Kedisiplinan adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukan nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban. Dari 10 mahasiswa didapatkan 60% memiliki kriteria melanggar peraturan yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar pada mahasiswa semester VIII Prodi S1 Keperawatan FKK UNUSA tahun 2015.
Desain penelitian bersifat analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian seluruh mahasiswa semester VIII Prodi S1 Keperawatan FKK UNUSA sebesar 126 orang. Penelitian menggunakan teknik Simple Random Sampling sebesar 52 responden. Waktu penelitian 20-27 Maret 2015. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kedisiplinan, variabel dependen adalah prestasi belajar. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, analisis data uji Mann-Whitney.
Hasil penelitian didapatkan sebagian besar (51,9%) mahasiswa memiliki kedisiplinan baik, sebagian besar (71,2%) memiliki prestasi belajar dengan predikat sangat memuaskan. Hasil analisis didapatkan P = (0,721) > α = (0,05), berarti H1 ditolak yang artinya tidak ada pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar mahasiswa semester VIII Prodi S1 Keperawatan FKK UNUSA.
Simpulan penelitian tidak ada pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar mahasiswa semester VIII Prodi S1 Keperawatan FKK UNUSA. Diharapkan mahasiswa memperoleh prestasi belajar lebih baik dari sebelumnya serta meningkatkan kedisiplinan yang baik dengan cara lebih mentaati peraturan yang berlaku.
Actions (login required)
|
View Item |