UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI PENGATURAN VARIASI TEMPAT DUDUK DI KELAS II SD ISLAM RADEN PATAH SURABAYA

ZALICHO, SOFA (2018) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI PENGATURAN VARIASI TEMPAT DUDUK DI KELAS II SD ISLAM RADEN PATAH SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-180025_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-20712.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Tematik melalui pengaturan variasi tempat duduk pada siswa kelas II SD Islam Raden Patah Surabaya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dan dengan desain Posttest Only Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Islam Raden Patah Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan di SD Islam Raden Patah Surabaya dengan jumlah sampel sebanyak 56 siswa, dengan jumlah kelompok kontrol 28 siswa dan kelompok eksperimen 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif dan uji Mann Whitney. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini adalah (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan pengaturan variasi tempat duduk sebesar 82,50 (diatas KKM), (2) Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan pengaturan variasi tempat duduk sebesar 75,86, (3) Ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pengaturan variasi tempat duduk dengan yang tidak menggunakan pengaturan variasi tempat duduk dengan nilai uji mann-whitney sebesar 132 dan nilai wilcoxon sebesar 538, nilai Z sebesar -4,514, nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05 artinya terdapat perbedaan siginifikan antara dua kelompok.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaimunah, SitiNIDN0701027003maimunah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik, Variasi Tempat Duduk.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 12 Feb 2019 03:18
Last Modified: 08 Dec 2021 07:35
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3474

Actions (login required)

View Item View Item