HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN PADA INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT ISLAM JEMRUSARI SURABAYA

FAKHRI, MUHAMMAD (2018) HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN PADA INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT ISLAM JEMRUSARI SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-KM-180030_abstract.pdf

Download (414kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-20555.html

Abstract

Lamanya waktu tunggu pelayanan resep yang tidak sesuai Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang mencapai 75,43% yang dapat menimbulkan keluhan pasien di rumah sakit. Tujuan Penelitian untuk mengetahui hubungan waktu tunggu pelayanan resep dan kepuasan pasien BPJS rawat jalan pada Instalasi Farmasi Depo 1 Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya. Penelitian menggunakan desain survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Instrumen yang digunakan kuesioner dan lembar check list. Populasi sebesar 9.280 dengan sampel yang diteliti sebesar 99 pasien BPJS rawat jalan. Variabel yang diteliti adalah waktu tunggu dan kepuasan pasien. Analisis data menggunakan uji chi square dengan Alpha 0,01. Hasil penelitian menunjukkan, hampir seluruh responden (80,8%) puas pada pelayanan Instalasi Farmasi Depo 1 Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya. Waktu tunggu resep hampir seluruh responden (90,8%) mendapatkan resep non racikan dengan waktu tunggu tidak sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum (SPM). Berdasarkan analisis uji chi-square diperoleh nilai signifikansi 1,000 artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara waktu tunggu pelayanan resep dengan kepuasan pasien BPJS rawat jalan pada Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya. Kesimpulan penelitian ini semakin sesuai waktu tunggu dari pelayanan resep, maka responden akan semakin puas dengan pelayanan Instalasi Farmasi Depo 1 Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya. Akan tetapi, masih banyak pasien yang merasakan puas meskipun menyatakan waktu tunggu pelayanan resep tidak sesuai dengan SPM. Saran bagi rumah sakit Adanya penambahan loket pelayanan khusus bagi pasien yang meninggalkan resep obat pada hari itu, sehingga tidak memperlambat pelayanan pada hari berikutnya.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNADATIEN, IMANIDN0721126904iman.69@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Waktu tunggu, kepuasan pasien, instalasi farmasi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA771-771.7 Rural health and hygiene. Rural health services
Divisions: Faculty of Health > Program Study of Public Health
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 12 Feb 2019 04:33
Last Modified: 06 Dec 2021 07:32
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3477

Actions (login required)

View Item View Item