MANASIKANA, ARINA
(2018)
ANALISIS MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PELAYANAN PADA PASIEN RAWAT JALAN DI POLI PENYAKIT DALAM RSU HAJI SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit berkaitan dengan aspek kepuasan pasien (client satisfaction) dan kenyataannya masih banyak pasien yang mengatakan kepuasan pelayanan masih belum puas terhadap pelayanan rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk menaganalisis mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pelayanan pada pasien rawat jalan poli penyakit dalam RSU Haji Surabaya.
Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian analitik observasional
dengan rancangan cross sectional. Populasi adalah pasien rawat jalan di poli penyakit dalam sebanyak 65. pasien yang diambil sampel sebanyak 56 responden. Tehnik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling dengan variabel independen mutu pelayanan kesehatan dengan variabel dependen kepuasan pelayanan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Tehnik pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi spearman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar (73,3%) adalah
pasien rawat jalan poli penyakit dalam memiliki mutu pelayanan kesehatan sedang dan hampir seluruhnya (76,7%) responden merasa cukup puas terhadap pelayanan rumah sakit. Hasil uji Korelasi Spearman menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pelayanan pada pasien rawat jalan poli penyakit dalam RSU Haji Surabaya.
Semakin baik mutu pelayanan maka pasien rawat jalan poli penyakit dalam
semakin puas.. Pada pengelolaan pelayanan rumah sakit perlunya evaluasi secara rutin terhadap pelaksanaan pelayanan.
Actions (login required)
|
View Item |