LESTARI, SRI HARUM
(2015)
HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KETERGANTUNGAN FACEBOOK PADA REMAJA AWAL KELAS VIII SMP DARUL MUTAALLIMIN TAMAN SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Pada masa remaja tersebut terjadi perkembangan, perubahan pada remaja untuk mencoba sesuatu hal yang baru di sekitar lingkungan atau kehidupannya yang belum pernah dijalani, masa waktu kecilnya, hampir keseluruhan siswa/I di SMP Darul Muta’allimin Taman Sidoarjo sering mengaplikasikan facebook pada saat jam pelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara konsep diri dengan ketergantungan facebook pada remaja awal kelas VIII SMP Darul Muta’allimin Taman Sidoarjo.
Desain penelitian ini adalah analitik cross sectional, populasinya adalah
seluruh siswa kelas VIII SMP Darul Muta’allimin Taman Sidoarjo tahun 2014-
2015 sebesar 174 siswa dengan sampel 59 responden diambil secara probability sampling dengan sampling stratifikasi. Variabel independen konsep diri dan variabel dependen ketergantungan facebook. Instrument menggunakan kuesioner. Pengolahan data dengan cara editing, coding, scoring dan tabulasi. Dianalisis menggunakan uji statistik Rank-Spearmen dengan α = 0,05.
Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar (59,3%) responden mempunyai konsep diri yang baik dan sebagian besar (50,8%) responden ketergantungan facebook tinggi pada siswa kelas VIII SMP Darul Muta’allimin Taman Sidoarjo. Hasil uji Rank-Spearmen didapatkan p = 0,017 α = 0,05 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak sehingga ada hubungan konsep diri dengan ketergantungan facebook pada remaja awal kelas VIII SMP Darul Muta’allimin Taman Sidoarjo.
Simpulan adalah remaja dengan konsep diri yang baik mempunyai peranan besar terhadap terjadinya ketergantungan facebook dan di harapkan para pelajar dapat membawa dirinya untuk bisa mengontrol diri.
Actions (login required)
|
View Item |