UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE SISWA KELAS III SDN TROPODO II WARU SIDOARJO

ROHMAWATI, NUR (2018) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE SISWA KELAS III SDN TROPODO II WARU SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-180014_abstract.pdf

Download (807kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-19383.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui model pembelajaran Example non Example siswa kelas III SDN Tropodo II Waru Sidoarjo, Jenis penelitian ini adalah kualitatif deksriptif dengan rumus prosentase, subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Tropodo II Waru Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan dengan 2 tes. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obsevasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Dari analisis data bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Example non Example berjalan baik dengan prosentase 85%. Hasil penelitian bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Example non Example menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis siswa dari tes 1 dan tes 2, terbukti dari hasil perhitungan, pada saat pelaksanaan tes 1 dengan menggunakan model Example non Example nilai siswa dengan rata-rata 60.00 dengan jumlah siswa tuntas 21 dan siswa tidak tuntas berjumlah 8. Pada saat pelaksanaan tes 2 dengan menggunakan model Example non Example nilai siswa dengan rata-rata 80.00 dengan jumlah siswa tuntas 27 dan siswa tidak tuntas berjumlah 2.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaimunah, SitiNIDN0701027003maimunah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Example Non Example, Keterampilan Menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 26 Feb 2019 07:09
Last Modified: 08 Dec 2021 07:14
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3645

Actions (login required)

View Item View Item