AFIAH, NURUL
(2018)
ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH DALAM BENTUK SOAL CERITA BANGUN DATAR MENGGUNAKAN TAHAPAN POLYA DI SD AL-HIKMAH SIMO KALANGAN SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Kemampuan memecahkan masalah merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran matematika yang harus dikuasai dan senantiasa dikembangkan. Salah satu pembelajaran yang melatih kemampuan memecahkan masalah bagi siswa adalah pembelajaran yang mengunakan soal cerita. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memecahkan masalah soal dalam bentuk soal cerita bangun datar menggunakan tahapan Polya di SD Al- Hikmah Simo Kalangan Surabaya.
Penelitian ini mengunakan metode tes dan wawancara. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang kemampuan siswa dalam memecahkan masalah soal cerita, tes tersebut dibagikan untuk seluruh siswa kelas IV A SD Al-Hikmah simo kalangan surabaya. Sedangkan wawancara digunakan untuk mengidentifikasi beberapa subjek dari ketiga kategori yang sudah dipilih menurut tahapan Polya tidak lupa mendokumentasikan guna untuk bukti penelitian.
Hasil tes tulis dengan subyek 24 siswa kelas IV SD Al-Hikmah Simo Kalangan Suarabaya. Pada tahapan pertama dari tahapan Polya yaitu Memahami Masalah (Understanding The Problem), mereka mendapatkan yaitu sebesar 80,9
% dengan klasifikasi baik. Sedangkan dalam tahapan kedua dari tahapan Polya yaitu Merencanakan Masalah (Devising A Plann), yaitu sebesar 73,5 % dengan klasifikasi cukup, pada tahapan ketiga dari Polya yaitu Melaksanakan Rencana (Carrying Out The Plann) yaitu sebesar 72,1 % dengan klasifikasi cukup. Dan dalam tahapan keempat dari Polya yaitu Melihat Kembali (Looking Back), adalah
sebesar 39,0 % dengan klasifikasi kurang.
Actions (login required)
|
View Item |