WAHYU, DWI
(2018)
MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA MELALUI MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TROPODO II KECAMATAN WARU KABUPATEN SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya keterampilan bercerita di SD Negeri Tropodo II.Siswa kurang diberikan kesempatan untuk perpendapat dan metode yang sering digunakan oleh guru adalah metode ceramah, sehingga membuat siswa merasa jenuh dan tidak memperhatikan guru ketika menjelaskan.Kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran memicu pada rendahnya keterampilan bercerita atau keterampilan berbicara.Siswa cenderung diam dan monoton menjadi siswa yang pasif, sehingga jika mereka diminta untuk berpendapat atau bercerita didepan kelas, mereka merasa kurang percaya diri.Oleh karena itu guru berupaya menggunakan metode Mind Mapping sebagai metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan bercerita dengan menggunakan Mind Mapping dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan rumus prosentase.Data dan sumber data penelitian dilakukan di SD Negeri Tropodo II Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo dengan subjek kelas V-A yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi tes bercerita dan wawancara, dari analisis data bahwa pembelajaran mengunakan metode Mind Mapping sudah berjalan dengan baik, dengan dengan prosentase 92% setelah menggunakan matode Mind Mapping, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Mind Mapping dalam meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas V-A SD Negeri Tropodo II Waru Sidoarjo sudah mengalami peningkatan.
Actions (login required)
|
View Item |