MAULIDYAH, NUR FADHILAH
(2018)
PENERAPAN MEDIA BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SDN RUNGKUT KIDUL II SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menjelaskan mengenai: (1) aktivitas guru dalam penerapan media berbasis multimedia, (2) aktivitas peserta didik dalam penerapan media berbasis multimedia, (3) hasil belajar peserta didik dalam penerapan media berbasis multimedia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas dari Kemmis & Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Keempat tahapan tersebut dilaksanakan tiga siklus penelitian dimana setiap siklus difokuskan pada media berbasis multimedia. Lokasi dan subjek penelitian adalah peserta didik kelas 3 SDN Rungkut Kidul II Surabaya, berjumlah 39 peserta didik yang dilaksanakan pada bulan April sampai Mei. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebanyak 21 peserta didik yang tuntas dengan presentase 53,8% dan jumlah peserta didik yang tidak tuntas adalah sebanyak 18 peserta didik dengan presentase sebesar 46,1% yang mendapatkan nilai ≤ KKM (75), pada siklus II sebanyak 33 peserta didik yang tuntas dengan presentase 84,6% dan jumlah peserta didik yang tidak tuntas adalah sebanyak 6 peserta didik dengan presentase sebesar 15,4% yang mendapatkan nilai ≤ KKM (75), sedangkan siklus III jumlah peserta didik yang belum tuntas sebanyak 2 peserta didik dengan presentase 5,1% dan peserta didik yang tuntas sebanyak 37 peserta didik dengan presentase 94,8% yang memperoleh ≥ KKM (75). Hal ini menunjukan bahwa penerapan media berbasis multimedia dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Actions (login required)
|
View Item |