CANDRAWATI, ELYTA
(2018)
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI METODE BERNYANYI DI POS PAUD TERPADU DAHLIA KELURAHAN PERAK TIMUR SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Kurangnya kemampuan anak dalam berbahasa di PPT Dahlia Kelurahan Perak Timur disebabkan karena metode yang digunakan oleh guru merupakan metode berceramah sehingga anak menjadi mudah bosan sehingga peneliti menggunakan metode bernyanyi sebagai upaya meningkatkan kemampuan berbahasa anak.
Tujuan penelitian ini untuk: 1) mengetahui aktivitas anak saat kegiatan bernyanyi di PPT Dahlia Kelurahan Perak Timur Surabaya, 2) mengetahui upaya peningkatan kemampuan berbahasa pada anak usia 3-4 tahun melalui kegiatan bernyanyi di PPT Dahlia Kelurahan Perak Timur Surabaya. Subyek pada penelitian ini yaitu anak usia
3-4 tahun di PPT Dahlia Kelurahan Perak Timur Surabaya.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik analisis data menggunakan analisis data dengan statistik deskriptif yaitu analisis refleksi berdasar siklus. Siklus I dan II menggunakan RPPH dan RPPM yang sudah disusun. Metode pengumpulan data berdasarkan pada instrument penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berbahasa anak yang dicapai anak didik usia 3-4 tahun di PPT Dahlia Kelurahan Perak Timur Surabaya mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya. Aktivitas anak dalam kegiatan bernyanyi pada siklus I sebesar 33% meningkat menjadi 78% pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan proses pembelajaran pada tindakan melalui metode bernyanyi ini dinyatakan berhasil karena kemampuan berbahasa anak sudah sesuai harapan dan sudah memenuhi kriteria keberhasilan secara umum.
Actions (login required)
|
View Item |