MUNDARWATI, URIS
(2018)
PENINGKATAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI PERMAINAN ENGKLEK DI PPT ANANDA SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Permainan engklek merupakan salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan motorik kasar anak.
Penelitian ini bertujuan untuk :1) mengembangkan kemampuan motorik kasar pada anak; 2) memberikan pembelajaran yang menyenangkan melaui permainan engklek di kelompok A di PPT Ananda Surabaya. Metode penelitian dilakukan dengan tindakan kelas. Subjek penelitiaannya anak didik kelompok A di PPT Ananda Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentatif dan deskriptif aktivitas anak anak didik.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan motorik kasar yang dicapai anak didik kelompok A di PPT Ananda Surabaya lebih meningkat di bandingkan dengan sebelumnya di mana perkembangan motorik kasaranak hanya 17,39% . namun setelah dilakukan praktek penelitian tindakan kelas melalui permainan engklek .pada siklus pertama mengalami peningkatan 50%. maka dari itu dilakukan penelitian ulang sehingga pada siklus kedua mengalami peningkatan mencapai 82,60%. Begitu pula dengan guru lebih mudah dalam menyampaikan permainan engklek pembelajaran yang menyenangkan.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran melaui permainan engklek dapat dikatakan berhasil dalam rangka meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Untuk itu disarankan pada semua guru dapat memberikan kegiatan bermain engklek sehingga dapat menarik dan menyenangkan.
Actions (login required)
|
View Item |