SUNARTI, LILIK
(2018)
PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF MENGENAL BENTUK MELALUI MEDIA GAMBAR DAN KANTONG AJAIB PADA ANAK USIA DINI DI PPT PELANGI.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Perkembangan Kognitif bagi anak usia dini kelompok usia 3-4 tahun di PPT Pelangi merupakan aspek perkembangan yang dibutuhkan oleh anak. Aspek Perkembangan Kognitif merupakan aspek yang saling berkaitan satu sama lainnya karena tidak ada perkembangan Kognitif yang baik jika tidak terasah dengan baik. Selama pengamatan ditemukan beberapa masalah, contohnya anak tidak mau bergabung, bermain sendiri dan banyak menempel pada ibunya dan anak belum mampu bekerjasama dengan teman sebayanya dalam menyelesaikan tugasnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B atau kelompok usia 3-4 tahun melalui media gambar dan kantong ajaib.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari satu pertemuan, dalam setiap pertemuan terbagi menjadi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilanjutkan dengan analis data dengan statistik biasa. Subyek penelitiannya yaitu anak kelompok usia 3-4 tahun di PPT Pelangi yang berjumlah 26 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi
Nilai rata-rata perkembangan kognitif pada siklus I tingkat perkembangannya memperoleh persentase sebesar 61,53% dan siklus II meningkat dengan persentase sebesar 89,74%. Hal ini berarti terjadi peningkatan perkembangan kognitif melalui media gambar dan kantong ajaib sehingga penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil karena telah mencapai target yang telah ditentukan.
Media gambar dan kantong ajaib dapat digunakan untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak. Saran bagi guru agar menerapkan metode tersebut sebagai bagian dalam proses pembelajaran
Actions (login required)
|
View Item |