SUUDAH, NUR
(2018)
PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT PERMATA BUNDA SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Rendahnya kreativitas guru yang hanya memposisikan anak sebagai
pendengar materi saja serta minimnya media yang digunakan guru. Sehingga semangat peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran merasa bosan. Hal ini dapat mengakibatkan kendala bagi anak dalam mengikuti proses pembelajran. karena itu, sangat penting agar anak dirangsang menggunakan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.
Tujuan peneliti adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf dengan menggunakan media gambar pada anak kelompok B di PPT Permata Bunda Surabaya Kec.Wonocolo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak 3-4 tahun kelompok B di PPT Permata Bunda yang berjumlah 17 anak. Data dianalisis menggunakan teknik kuantitatif deskriptif dengan patokan standar keberhasilan ≥75%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan mengenal huruf yaitu pada kondisi awal sebesar 29,2% meningkat pada Siklus I menjadi 58,3% , dan siklus II meningkat sebesar 83,3%, jadi penerapan media gambar dapat meningtkan kemampuan mengenal huruf anak usia 3-4 tahun di
PPT Permata Bunda Surabaya.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada peningkatan penerapan media gambar dalam kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B di Paud PPT Permata Bunda Surabaya Kec.Wonocolo. Hasil penelitian ini diharapkan melalui penerapan media gambar dapat digunakan sebagai alternatif untuk anak usia dini supaya peserta didik mengenal huruf lebih menarik dan menyenangkan.
Actions (login required)
|
View Item |