PROFIL EMPATI PADA ANAK USIA DINI DI PPT BINA NURANI KELURAHAN KARANGPILANG SURABAYA

MAHMUDAH, MAHMUDAH (2018) PROFIL EMPATI PADA ANAK USIA DINI DI PPT BINA NURANI KELURAHAN KARANGPILANG SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-180047_abstract.pdf

Download (598kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-20886.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan empati pada anak didik kelompok B yang berada di PPT Bina Nurani Kelurahan Karangpilang Surabaya. Hasil penelitian kemampuan empati yang meliputi sikap peduli, toleransi dan tenggang rasa mendapatkan hasil bahwa dari 16 responden terdapat 6 anak (37,5%) kemampuan empatinya berkembang dengan baik sedangkan hampir seluruhnya berkategori belum berkembang berkembang 10 anak ( 62,5%). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif,dan kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi penelitian ini adalah anak PPT Bina Nurani, tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan empati anak kelompok B di PPT Bina Nurani Kelurahan Karangpilang Surabaya dalam kaegori belum berkembang.Terlihat pada beberapa saja anak yang mau saling berbagi, saling memperhatikan teman dan mau menolong.Kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan sikap empati anak yaitu pola asuh yang berbeda, serta kurangnya sarana dan prasarana yang digunakan untuk mengembangkan sikap empati anak.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurjanah, SitiNIDN0715057605nungj@unusa.ac.id
Thesis advisorNafiah, NafiahNIDN0723128403nefi_23@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kemapuan empati pada anak usia dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 18 Mar 2019 04:29
Last Modified: 10 Apr 2023 07:47
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3775

Actions (login required)

View Item View Item