DJAMAATUN, DJAMAATUN
(2018)
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR DI PPT KUNCUP MELATI SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Keterampilan berkomunikasi merupakan salah satu hal yang memiliki peranan penting bagi kehidupan anak. Namun di PPT Kuncup Melati Surabaya kemampuan komunikasi anak dalam kategori rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi anak melalui metode bercerita dengan media gambar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah kelompok A usia 3-4 tahun di PPT Kuncup Melati Surabaya yang berjumlah 10 anak. Data dianalisis menggunakan teknik adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan patokan standar keberhasilan 75%.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan komunikasi sebelum menerapkan metode bercerita dengan media bergambar (pra siklus)
27,5% dan nilai rata-rata kemampuan komunikasi sesudah menerapkan metode bercerita dengan media bergambar pada siklus I 46,08% dan siklus II 88,33%, sehingga memperoleh peningkatan kemampuan komunikasi sesudah menerapkan
metode bercerita dengan media bergambar sebanyak 42,25%.
Simpulan dari penelitian ini adalah ada peningkatan kemampuan komunikasi anak usia 3-4 tahun melalui metode bercerita dengan media gambar di PPT Kuncup Melati Surabaya. Hasil penelitian ini diharapkan melalui metode bercerita dengan media gambar dapat digunakan sebagai alternatif untuk anak yang mengalami keterlambatan bahasa.
Actions (login required)
|
View Item |