PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS III DI SDN ANGGASWANGI II SIDOARJO

NISA, TIAS INDAH FAKHRUN (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS III DI SDN ANGGASWANGI II SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-180030_abstract.pdf

Download (760kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-20738.html

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah permasalahan kurangnya minat siswa akan menulis dan rendahnya keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas III Di SDN Anggaswangi II Sidoarjo. Permasalahan ini terjadi di karenakan guru masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional atau ceramah saja sehingga membuat keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas III rendah. Oleh karena itu perlu dilakukan sebuah penelitian dalam menerapkan model pembelajaran kontekstual sebagai model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempermudah siswa dalam menulis karangan narasi dan meningkatkan keterampilan siswa dalam hal menulis karangan narasi pada siswa kelas III. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yaitu peneliti menganalisa serta mendeskripsikan sebuah gambaran model pembelajaran kontekstual dalam keterampilan menulis karangan narasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III Di SDN Anggaswangi II Sidoarjo yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan untuk mengatasi permasalahan dalam penelitian ini, data yang dianalisis oleh peneliti yaitu data yang didapat dari guru maupun data siswa dalam proses pembelajaran, masalah yang terjadi saat proses pembelajaran, menuliskan kesimpulan dan penemuan lain yang penting saat penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 80% siswa mendapatkan kategori B (baik) di tes pertama maupun kedua dari seluruh aspek penilaian keterampilan menulis karangan narasi siswa, dari hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual efektif dapat membuat keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi dapat meningkat, dan membuat siswa tidak lagi kesulitan dalam menemukan sebuah ide dalam tulisan.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSaleh, Nanang RokhmanNIDN0715117602nanang_kh.aslie@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kontekstual, Keterampilan Menulis Karangan Narasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 20 Mar 2019 02:49
Last Modified: 08 Dec 2021 07:45
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3811

Actions (login required)

View Item View Item