ADIBAH, MAMLUATUL
(2018)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DALAM MENULIS CERITA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR KELAS III DI KELURAHAN PENJARINGAN SARI KECAMATAN RUNGKUT KOTA SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture guna membantu siswa agar bisa lebih memahami materi yang dipelajari. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dalam menulis cerita pada anak usia sekolah dasar kelas III.
Data dan Sumber data penelitian dilakukan di Kecamatan Rungkut Kelurahan Penjaringan Kota Surabaya dengan subjek anak usia sekolah dasar kelas III yang berjumlah 16 anak.
Teknik pengumpulan data di penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi sehingga teknik analisis data yang digunakan adalah kuasi eksperimen yaitu metode peneltian yang menguji hipotesis berbentuk hubungan sebab akibat melalui adanya perlakuan dan menguji perubahan akibat perlakuan tersebut.
Hasil dari penelitian ini menjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berjalan sangat efektif. Hal ini terlihat dari kemampuan siswa menulis cerita sesuai dengan standar penulisan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dalam menulis cerita pada anak usia sekolah dasar kelas III sangat perlu digunakan guna membantu siswa agar lebih memahami materi yang dipelajari.
Actions (login required)
|
View Item |