ROCHMAWATI, ETTY
(2018)
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN MEDIA GAMBAR MATERI MENGELOMPOKKAN BANGUN DATAR SEDERHANA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2 SDN PEPELEGI 2 WARU SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Berdasarkan data hasil penelitian, rendahnya hasil belajar siswa pada materi mengelompokkan bangun datar sederhana disebabkan oleh metode yang kurang bervariatif. Penelitian ini membahas bagaimana cara meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Talking Stick dengan media gambar pada mata pelajaran matematika kelas 2 SDN Pepelegi 2 Waru Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diadaptasi dari penelitian tindakan menurut Suyadi (2012: 19). Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan penelitian, pelaksanaan penelitian, pengamatan dan refleksi. Lokasi dan subjek penelitian adalah peserta didik kelas 2 SDN Pepelegi 2 Waru Sidoarjo berjumlah 22 peserta didik yang dilaksanakan pada bulan November 2017 sampai Desember 2017. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul diolah dan dianalisis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebanyak 12 peserta didik yang tuntas dengan presentase 55% dan jumlah peserta didik yang tidak tuntas adalah sebanyak 10 peserta didik dengan presentase sebesar 45% yang mendapatkan nilai ≤ KKM (75). Sedangkan pada siklus II jumlah peserta didik yang tidak tuntas hanya 3 peserta didik dengan presentase 14% dan peserta didik yang tuntas sebanyak 19 peserta didik dengan memperoleh presentase sebesar
86% yang memperoleh nilai ≥ KKM (75) dan . Hal ini menunjukkan bahwa penggunakan model pembelajaran Talking Stick dengan media gambar materi mengelompokkan bangun datar sederhana dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Actions (login required)
|
View Item |