PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN MEDIA GAMBAR MATERI MENGELOMPOKKAN BANGUN DATAR SEDERHANA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2 SDN PEPELEGI 2 WARU SIDOARJO

ROCHMAWATI, ETTY (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN MEDIA GAMBAR MATERI MENGELOMPOKKAN BANGUN DATAR SEDERHANA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2 SDN PEPELEGI 2 WARU SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-180004_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-18616.html

Abstract

Berdasarkan data hasil penelitian, rendahnya hasil belajar siswa pada materi mengelompokkan bangun datar sederhana disebabkan oleh metode yang kurang bervariatif. Penelitian ini membahas bagaimana cara meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Talking Stick dengan media gambar pada mata pelajaran matematika kelas 2 SDN Pepelegi 2 Waru Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diadaptasi dari penelitian tindakan menurut Suyadi (2012: 19). Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan penelitian, pelaksanaan penelitian, pengamatan dan refleksi. Lokasi dan subjek penelitian adalah peserta didik kelas 2 SDN Pepelegi 2 Waru Sidoarjo berjumlah 22 peserta didik yang dilaksanakan pada bulan November 2017 sampai Desember 2017. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul diolah dan dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebanyak 12 peserta didik yang tuntas dengan presentase 55% dan jumlah peserta didik yang tidak tuntas adalah sebanyak 10 peserta didik dengan presentase sebesar 45% yang mendapatkan nilai ≤ KKM (75). Sedangkan pada siklus II jumlah peserta didik yang tidak tuntas hanya 3 peserta didik dengan presentase 14% dan peserta didik yang tuntas sebanyak 19 peserta didik dengan memperoleh presentase sebesar 86% yang memperoleh nilai ≥ KKM (75) dan . Hal ini menunjukkan bahwa penggunakan model pembelajaran Talking Stick dengan media gambar materi mengelompokkan bangun datar sederhana dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMachmudah, MachmudahNIDN0712037401machmudah@unusa.ac.id
Thesis advisorHartatik, SriNIDN0706118102titax@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Talking Stick, Media Gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 20 Mar 2019 03:14
Last Modified: 12 Apr 2023 05:22
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3821

Actions (login required)

View Item View Item