PRIHATININGSIH, INDAH
(2018)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN PEPELEGI 2 WARU SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep mata pelajaran IPA melalui penggunaan Model Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas III SDN Pepelegi 2 Waru Sidoarjo.
Jenis penelitian ini adalah Deskriptif kuantitatif dengan metode eksperimen, dan dengan desain One Group One Pretest Posttest Design. Variable bebas dalam penenlitian ini adalah Model Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) sedangkan variable terikatnya adalah motivasi belajar dan penguasaan konsep. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Pepelegi 2 Waru Sidoarjo sebanyak 82 siswa, dengan dibagi dua kelompok yaitu Kelompok Eksperimen dan Kelompok Kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan angket.
Hasil dari uji annova diperoleh bahwa signifikan sebesar 0,365 > 0,05 (syarat mutlak). Artinya 0,365 lebih besardibandingkan dengan syarat yaitu
0,05, jadi terdapat pengaruh Model Kooperatif tipe Student Teams Achievement
Divisions (STAD) tehadap motivasi belajar dan penguasaan konsep.
Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Model Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) layak digunakan untuk proses pembelajaran khususnya pada materi sifat-sifat benda sehingga motivasi belajar siswa dan penguasaan konsep meningkat.
Actions (login required)
|
View Item |