PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN 2 PETIKEN DRIYOREJO GRESIK

FAJARANI, HARDYAH (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN 2 PETIKEN DRIYOREJO GRESIK. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-180015_abstract.pdf

Download (577kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-19449.html

Abstract

Hasil belajar siswa kelas IV di SDN 2 Petiken Driyorejo Gresik tahun pelajaran 2017/2018 pada mata pelajaran IPA materi Sumber Daya Alam masih rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model Pembelajaran Numbered Head Together pada siswa kelas IV di SDN 2 Petiken Driyorejo Gresik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Petiken Driyorejo Gresik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest. Uji instrument penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran soal. Analisis data menggunakan korelasi Product Moment dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 2 Petiken Driyorejo Gresik dengan nilai rata-rata sebesar 81,82 dan nilai signifikan sebesar 0,676. Nilai Signifikan lebih besar dibandingkan dengan nilai r-tabel N = 22 adalah 0,432. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di SDN 2 Petiken Driyorejo Gresik. Saran yang bisa diberikan adalah perlu adanya penelitian lebih lanjut pada penerapan model pembelajaran Numbered Head Together untuk meningkatkan hasil belajar pada aspek afektif dan psikomotor.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMachmudah, MachmudahNIDN0712037401machmudah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Numbered Head Together, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 20 Mar 2019 04:25
Last Modified: 12 Apr 2023 06:32
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3835

Actions (login required)

View Item View Item