PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS V DI SD AL-ISLAH SURABAYA

AZURA, AJENG RAJA (2018) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS V DI SD AL-ISLAH SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-180013_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-19373.html

Abstract

Hasil belajar merupakan penilaian kognitif yang dilakukan guru dalam mengukur kompetensi ketercapaian standar setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan model pembelajaran Discovery learning terhadap hasil belajar siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan model pembelajaran Discovery learning terhadap hasil belajar siswa. Peneliti mengukur hasil belajar siswa dengan menggunakan pretest dan posttest dengan ketuntasan KKM = 70. Model pembelajaran Discovery learning merupakan model pembelajaran yang menekankan cara pembelajaran siswa aktif dengan cara menemukan konsep yang dipelajari sehingga dapat mengembangkan keterampilan proses kognitif dengan bimbingan guru. Sintaks model pembelajaran Discovery learning yang digunakan adalah (1) stimulation (2) problem statement (3) data collection (4) data processing (5) verification (6) generalitation. Peneliti mengukur model pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan lembar keterlaksanaan RPP. Metode penelitian ini adalah “Four-D” model. Sampel penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pada uji coba 1 sebanyak 10 siswa dan uji coba 2 sebanyak 35 siswa, dengan dibagi menjadi dua kali uji coba yaitu uji coba 1 kelas eksperimen, uji coba 2 kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode keterlaksanaan RPP, metode tes pretest dan posttest, dan metode angket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil dari uji anova diperoleh bahwa signifikan pada uji coba 1 sebesar 0,839 > 0,6319 (rtabel) dan signifikan pada uji coba 2 sebesar 0,946 > 0,3338 (rtabel). Artinya pada uji coba 1 diperoleh 0,839 lebih besar dibandingkan dengan syarat yaitu 0,6319. Pada uji coba 2 diperoleh 0,946 lebih besar dibandingkan dengan syarat yaitu 0,3338. Jadi terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery learning layak digunakan untuk proses pembelajaran khususnya pada materi perubahan wujud benda sehingga hasil belajar siswa meningkat. Saran penelitian ini adalah sebelum menggunakan model pembelajaran Discovery learning guru terlebih dahulu menjelaskan arti saling menghargai agar siswa dapat menghargai setiap perbedaan, pada saat mempresentasikan hasil diskusi ada kelompok yang cara penyampaiannya kurang keras sehingga dalam proses pembelajaran terganggu.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamariyah, NurulNIDN0728017002nurulkamariyah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 20 Mar 2019 07:40
Last Modified: 08 Dec 2021 07:13
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3862

Actions (login required)

View Item View Item