KALSUM, UMI
(2018)
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA DINI DI PPT HARAPAN BUNDA KELURAHAN GUNDIH SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Metode bercerita merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan potensi kemampuan berbahasa anak usia dini melalui pendengaran dan kemudian menuturkan kembali isi cerita. Penelitian in bertujuan untuk mengetahui: 1) implementasi metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan bahasa AUD di PPT Harapan Bunda dan
2) faktor penunjang dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan bahasa AUD
melalui metode bercerita di PPT Harapan Bunda.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, implementasi metode bercerita masih belum sesuai dengan karakteristik metode cerita. Sedangkan pada siklus II, kemampuan bahasa anak usia dini dapat meningkat sampai 85 %. karena pendidik lebih memperhatikan karakteristik dan langkah-langkah penggunaan metode bercerita serta memberikan stimulus berupa motivasi dan pujian yang diberikan kepada perserta didik. Faktor penunjangnya adalah pendidik memiliki kemampuan menyampaikan pembelajaran, adanya fasilitas yang berupa TV dan VCD, dan memiliki buku-buku cerita sebagai penunjang pembelajaran. Sedangkan faktor-faktor penghambatnya adalah terbatasnya jumlah pendidik, kurangnya persediaan sarpras, terbatasnya media pembelajaran, dan perbedaan latar belakang keluarga serta minimnya dalam pemahaman orang tua.
Actions (login required)
|
View Item |