WAHYUNI, ARNA
(2018)
PENGARUH METODE BERCERITA MENGGUNAKAN BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT MAWAR KECAMATAN TEGALSARI KOTA SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Metode bercerita merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat berpengaruh terhadap perkembangan bahasa anak. Dari pengamatan pada kegiatan pembelajaran yang ada di PPT Mawar Kecamatan Tegalsari Kota Surabaya. Perkembangan bahasa anak dikelompok B usia 3-4 tahun belum mampu menceritakan cerita yang didengar (bercerita) dan menjawab pertanyaan. Selain itu metode pembelajaran yang digunakan kurang menggunakan media pendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap perkembangan kemampuan berbahasa anak.
Metode penelitian ini menggunakan Deskriptif Kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah jumlah 30 anak usia 3-4 tahun diKelompok B PPT Mawar Kecamatan Tegalsari Kota Surabaya. Sedangkan objek penelitiannya adalah perkembangan kemampuan anak bercerita dan menjawab pertanyaan.Teknik Pengumpulan data dengan observasi, interview, angket dan dokumentasi. Teknik Analisi data diperoleh pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara random menggunakan uji statistik T(Uji Konfeisiansi Reginsi Sederhana.)
Perkembangan kemampuan berbahasa bercerita dan menjawab pertanyaan pada anak usia 3-4 tahun di PPT Mawar Kecamatan Tegalsari Kota Surabaya dilihat dari hasil penelitian dari 30 anak dengan kategori Mulai Berkembang (MB) sebesar 23% , kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebesar 65,5%, dan Kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebesar 11,5%. Perkembangan kemampuan bahasa anak bercerita dan menjawab pertanyaan adalah Berkembang Sesuai Harapan.
Actions (login required)
|
View Item |