PENINGKATAN KEMAMPUAN KOSAKATA DASAR ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BERGAMBAR DI PPT SETIA HARAPAN KECAMATAN SAMBIKEREP KOTA SURABAYA

ACHTIAMA, TATAT (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOSAKATA DASAR ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BERGAMBAR DI PPT SETIA HARAPAN KECAMATAN SAMBIKEREP KOTA SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-180018_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-20511.html

Abstract

Pendidikan untuk anak usia dini memanglah sangat penting untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak. Banyak cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan perkembangan bahasa pada anak usia dini. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode bercerita. Melalui metode bercerita anak mendapat pengalaman serta pengetahuan yang akan disampaikan melalui cerita secara lisan. Selain itu metode bercerita dapat membantu anak dalam mengembangkan dan melatih kemampuan bahasa yang anak miliki. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui bercerita dengan media bergambar terhadap kemampuan kosakata dasar pada anak usia dini. Metode penelitian dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dirancang dalam bentuk siklus berulang. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak didik kelompok mandiri yang berjumlah 15 anak di PPT Setia Harapan Surabaya Kecamatan Sambikerep Kota Surabaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan kosakata dasar anak usia dini di PPT Setia Harapan Kecamatan Sambikerep Kota Surabaya mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelumnya di mana perkembangan kosakata anak hanya mencapai 35%. namun setelah dilakukan penelitian siklus I meningkat menjadi 63,8% dan siklus II kemampuan kosakata anak meningkat menjadi 91%. Begitu pula dengan pendidik lebih mudah menyampaikan maksud yang diinginkan dengan bercerita dan memberikan pembelajaran yang menyenangkan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: ada peningkatan kemampuan kosakata dasar anak usia dini di PPT Setia Harapan Surabaya melalui metode bercerita dengan media bergambar dapat dikatakan berhasil. Untuk itu disarankan pada semua guru dapat memberikan kegiatan bercerita dengan media bergambar sehingga dapat menarik dan menyenangkan.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorShodiq, M.NIDN0728106304sdqbluru@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: kosakata anak, metode bercerita, media bergambar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 21 Mar 2019 04:31
Last Modified: 09 Dec 2021 04:39
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3913

Actions (login required)

View Item View Item