PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUIMEDIA PERMAINAN KARTU BERPASANGAN PADAANAK DIDIK KELOMPOK B DI PPT BINA NURANIKARANG PILANG SURABAYA

YUSTINAH, YENI (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUIMEDIA PERMAINAN KARTU BERPASANGAN PADAANAK DIDIK KELOMPOK B DI PPT BINA NURANIKARANG PILANG SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-180040_abstract.pdf

Download (842kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-20860.html

Abstract

Permainan dengan kartu berpasangan adalah salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak.Karena pengenalan bentuk geometri mempunyai peranan yang penting bagi kehidupan manusia.Agar pembelajarannya tidak monoton dan membosankan maka peneliti menggunakan media permainan dengan kartu berpasangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan anak, juga untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui kartu berpasangan pada anak kelompok B di PPT Bina Nurani Kecamatan Karang Pilang Kota Surabaya. Untuk mengetahui peningkatan pembelajaran menggunakan penelitian tindakan kelas melalui tehnik pengumpulan data, observasi, dan dokumentasi sebagai penunjang. Analisis data dilakukan untuk mendeskripsikan perubahan tindakan melalui bermain dengan media kartu berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui media permainan kartu berpasangan mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya dimana perkembangan pada siklus I memperoleh rata-rata persentase sebesar 54,44% meningkat pada siklus II dengan rata-rata persentase sebesar 79,34% sehingga terjadi peningkatan 24,9%. Berdasarkan hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa melalui metode permainan kartu berpasangan dapat dikatakan berhasil dalam meningkatkan kemampuan anak mengenal bentuk-bentuk gepmetri. Hal ini ditunjukkan dengan anak mampu memasangkan bentuk geometri sendiri dengan baik tanpa bantuan, anak mampu menyusun bentuk geometri sendiri dengan baik, dan anak mampu menyebutkan bentuk geometri ketika ditanyakan secara individu.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhamida, KhamidaNIDN0728067901khamida@unusa.ac.id
Thesis advisorMachmudah, MachmudahNIDN0712037401machmudah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kemampuan mengenal bentuk geometri, Kartu berpasangan..
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 21 Mar 2019 04:34
Last Modified: 10 Apr 2023 07:44
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3914

Actions (login required)

View Item View Item