PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI MEDIA KEPING PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT MELATI MENANGGAL SURABAYA

KOMAIYAH, KOMAIYAH (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI MEDIA KEPING PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT MELATI MENANGGAL SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-180044_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-20868.html

Abstract

Media keping merupakan salah satu media yang tepat dalam pembelajaran matematika, karena anak usia dini sampai usia 5 tahun sebelum dapat melakukan kegiatan berhitung dengan bilangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui satu cara pendidik meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-5 melalui media keping angka di PPT Melati dan faktor penunjang dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-5 melalui media keping angka di PPT Melati. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 kali siklus, subyek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun di PPT Melati. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus kemampuan anak dalam mengenal bilangan masih 20%. Pada siklus I kemampuan anak meningkat menjadi 55% dan belum sesuai harapan karena pendidik masih kurang memperhatikan konsentrasi dan respon anak. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 85% karena pendidik melakukan pendekatan kepada anak. Adapun penunjangnya adalah pendidik sudah profesional dan media kepingnya juga menarik. Sedangkan penghambatnya adalah konsentrasi anak rendah, waktunya pendek dan tempatnya sempit.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaimunah, SitiNIDN0701027003maimunah@unusa.ac.id
Thesis advisorTaufiq, MohammadNIDN0717108402mtaufiq79@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Bilangan, Media keping.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 21 Mar 2019 05:06
Last Modified: 10 Apr 2023 07:46
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3918

Actions (login required)

View Item View Item