KUSUMA, VANY BRATA
(2015)
GAMBARAN DUKUNGAN ORANG TUA PADA SISWAYANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR DI SDN PEJAGAN 06 BANGKALAN MADURA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Kesulitan belajar merupakan gangguan dalam suatu proses psikologis dasar yang dapat mengganggu pemahaman dan intelektual pada individu, dan orang tua memegang peranan penting dan bertanggung jawab terhadap pendidikan keluarga dan masa depan anak-anak mereka sebagai bentuk dukungan orang tua terhadap anak, sehingga dalam kenyataanya dukungan orangtua akan mempengaruhi kesulitan belajar anak, Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran Dukungan Orang tua Pada Siswa yang Mengalami Kesulitan Belajar di SDN Pejagan 6 Bangkalan, Madura.
Desain penelitian ini adalah deskriptif. Variabel pada penelitian ini adalah dukungan orang tua pada kesulitan belajar anak. Populasinya adalah seluruh siswa yang mengalami kesulitan belajar di SDN Pejagan 6 Bangkalan, Madura sebesar
27 orang. Sampel diambil menggunakan non probability sampling, teknik total sampling. Besar sampel 27 responden, pengambilan data menggunakan kuesioner. Pengolahan data dengan proses editing, coding, scoring dan tabulating. Data analisis dilakukan secara deskriptif dengan distribusi frekuensi dalam bentuk presentase.
Hasil penelitian dari 27 responden, sebagian besar (63%) responden mempunyai dukungan orangtua baik, sebagian kecil (22,2%) mendapatkan dukungan orang tua cukup baik dan (14,8%) tidak mendapatkan dukungan orang tua.
Simpulan penelitian ini adalah sebagian besar siswa yang mengalami kesulitan belajar mendapatkan dukungan orang tua baik di SDN Pejagan 6
Bangkalan, Madura, sehingga orang tua mampu menjalankan perannya untuk mendukung anak agar tidak mengalami kesulitan belajar.
Actions (login required)
|
View Item |