MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA KARTU ANGKA PADA ANAK DI PPT KENANGA KELURAHAN SIMOLAWANG KECAMATAN SIMOKERTO SURABAYA

AMINAH, SITI (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA KARTU ANGKA PADA ANAK DI PPT KENANGA KELURAHAN SIMOLAWANG KECAMATAN SIMOKERTO SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-180065_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-20982.html

Abstract

Melalui media kartu angka siswa belajar tenang menyebutkan, mengurutkan, mengenal lambang bilangan 1-10, sehingga anak mampu mengembangkan kemampuan kognitifnya. Agar siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik, guru harus mampu menarik perhatian siswa dengan menambahkan gambar pada setiap media kartu angka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media kartu angka untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal angka di PPT Kenanga RW 05 Kelurahan Simolawang Kecamatan Simokerto Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kognitif dalam mengenal angka melalui media kartu angka di PPT Kenanga meningkat sebesar 56,16% pada siklus II dari siklus I, hal ini dibukikan dengan perolehan nilai rata-rata siklus I adalah 35,14% dan nilai rata-rata siklus II adalah 91,30%, dikarenakan pada siklus I kebanyakan orang tua ikut serta dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan orang tua mengikuti keinginan anak untuk membeli makanan ringan sehingga mengakibatkan terganggunya proses belajar anak. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kemampuan kognitif melalui media kartu angka dapat dikatan berhasil dalam rangka meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal angka, untuk itu disarankan kepada guru untuk mengembangkan dan meningkatkan kreatifitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan dalam hal pengenalan angka, seperti menggunakan media kartu angka.

Item Type: Undergraduate Thesis
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, Media Kartu Angka.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 22 Mar 2019 03:37
Last Modified: 22 Mar 2019 03:37
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3975

Actions (login required)

View Item View Item