MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG MELALUI MEDIA KARTU ANGKA BERGAMBAR UNTUK ANAK USIA DINI DI PPT SETIYO LANGGENG, KELURAHAN WONOKUSUMO KECAMATAN SEMAMPIR SURABAYA

HARIYANTI, AGUSTINA (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG MELALUI MEDIA KARTU ANGKA BERGAMBAR UNTUK ANAK USIA DINI DI PPT SETIYO LANGGENG, KELURAHAN WONOKUSUMO KECAMATAN SEMAMPIR SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-180010_abstract.pdf

Download (802kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-20278.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membilang angka 1-10 melalui metode kartu angka bergambar pada anak usia dini di PPT Setiyo Langgeng, Kelurahan wonokusomo, Kecamatan Semampir Surabaya. Kemampuan membilang dalam penelitian ini adalah kemampuan anak dalam menyebutkan angka, dan mengurutkan angka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi awal Prasiklus, Siklus I dan Siklus II, serta perbandingan hasil antara Prasiklus, Siklus I dan Siklus II kemampuan membilang melalui metode Kartu Angka Bergambar pada anak usia dini di PPT Setiyo Langgeng, Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir, surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitan Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan secara kolaborasi dengan guru .Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B yang berjumlah 15 anak didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi.Dalam setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan ,yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi,dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membilang anak dapat ditingkatkan melalui media angka bergambar pada anak usia dini di PPT Setiyo Langgeng. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil yang dicapai pada prasiklus rata- rata 45 dengan ketuntasan 13%(2 anak yang tuntas), sedangkan pada siklus I dengan pencapaian rata-rata 61,67, dengan ketuntasan 20%(3 anak yang tuntas), dan hari hasil siklus II pencapaian rata-rata 83,75 dengan ketuntasan sebesar 80 %(12 anak yang tuntas), yang 3 anak masih belum bisa membilang dikarenakan agak lamban dari berbagai hal. Dengan selisih pencapaian dari 75% yang ditentukan oleh peneliti.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSanty, Wesiana HerisNIDN0723067701wesiana@unusa.ac.id
Thesis advisorHartatik, SriNIDN0706118102titax@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: meningkatkan kemampuan membilang pada anak usia dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 22 Mar 2019 03:43
Last Modified: 09 Dec 2021 04:21
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3977

Actions (login required)

View Item View Item