HARIYATI, HARIYATI
(2018)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT MENTARI 1 KEC. BENOWO SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Rendahnya kemampuan dalam mengenal warna mengakibatkan perkembagan anak kurang terlatih, kurangnya memiliki pengalaman langsung untuk melakukan percobaan sederhana. Melalui metode eksperimen peneliti bertujuan meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia 3-4 tahun di PPT.Mentari 1.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif. Penelitian tindakan kelas kolaboratif yaitu peneliti berkerjasama dengan guru kelas dalam pelaksanaan penelitian. Subjek pada penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun yang berjumlah 14 anak terdiri dari 8 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi (check list). Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif.
Bermain dengan metode eksperimen warna dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia 3-4 di PPT Mentari I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal warna dapat meningkat dengan metode eksperimen. Adapun proses pembelajarannya anak diberi kesempatan untuk melakukan percobaan tentang warna yang bersifat sederhana dan menarik untuk anak. Hasil penelitian meningkat secara bertahap. Hal ini dapat dilihat dari data hasil observasi pada Pratindakan yaitu 49,41%, pada Siklus I meningkat sebesar 63,69%,dan pada Siklus II meningkat 83,68%.
Simpulan penelitian ini bermain mengenal warna melalui metode eksperimen warna pada anak usia 3-4 tahun di PPT Mentari I dapat meningkatkan kecerdasan, bukan hanya mengasah mengingat tapi anak juga berimajinasi dan kreatif. Dalam metode eksperimen diterapkan di PAUD dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna.
Actions (login required)
|
View Item |