MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK ASESORIS PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI PPT SEKAR ARUM KELURAHAN TAMBAKREJO KECAMATAN SIMOKERTO SURABAYA

SUWARNI, SUWARNI (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK ASESORIS PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI PPT SEKAR ARUM KELURAHAN TAMBAKREJO KECAMATAN SIMOKERTO SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-180059_abstract.pdf

Download (558kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-20954.html

Abstract

Pada anak usia dini, seperti diyakini bahwa setiap anak memiliki potensi, dan tugas pendidik adalah menyediakan sarana dan prasarana, memberikan rangsangan melalui lingkungan yang mendukung agar anak mengeksplorasi kemampuan dan kreativitasnya saat bermain, mengekspresikan dirinya secara kreatif dan merasa dihargai. Proses mengembangkan kreativitas sangat penting, karena dengan dorongan internal maupun eksternal yang mendorong anak melakukan kegiatan kreatif dan mengekspresikan kreativitasnya Kemampuan motorik halus adalah kemampuan yang berhubungan dengan ketrampilan fisik yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata, tangan, saraf. Motorik halus ini dapat dilatih dan dikembangkan melalui kegiatan dan rangsangan secara rutin seperi bermain menyusun balok asesoris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi dengan aplikasi bermain aksesoris balok untuk meningkatkan motorik halus kelompok usia 3-4 tahun di PPT Sekar Arum Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru di kelas melalui refleksi diri, dengan tujuan meningkatkan kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar anak meningkat. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di PPT Sekar Arum Surabaya dengan 2 siklus yang setiap siklusnya dilakukan melalui 2 kali pertemuan. Hasil penelitian Peningkatan kemampuan motorik halus setelah aplikasi bermain balok asesoris di PPT Sekar Arum dari siklus I dan siklus II adalah 22,2% Dalam siklus I hasil peningkatan kemampuan motorik halus anak setelah penerapan kegiatan bermain balok asesoris di PPT Sekar Arum mendapatkan rata-rata 61,13% dan Pada siklus II memeproleh nilai rata-rata 83,33% ,Guru dalam menjelaskan bermain balok asesoris untuk mengajak anak interaktif dan menstimulasi motorik halus anak, Sebagian besar anak sangat antusias dalam bermain balok asesoris, untuk anak dengan skor terendah karena anak masih malu dan kurang fokus dalam bermain balok asesoris. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi bermain balok asesoris dapat meningkatkan motorik halus pada kelompok usia 3-4 tahun PPT Sekar Arum Surabaya. guru dapat menggunakan berbagai metode yang bervariasi melalui berbagai rangsangan sebagai cara untuk memotivasi anak dalam belajar sehingga anak lebih termotivasi dan hasil belajar akan lebih optimal.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSoleha, UmdatusNIDN0701087604umdatus@unusa.ac.id
Thesis advisorMaimunah, SitiNIDN0701027003maimunah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Motorik Halus, Bermain Balok asesoris
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 22 Mar 2019 04:11
Last Modified: 10 Apr 2023 07:57
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3985

Actions (login required)

View Item View Item