FAHRIANI, IRMANUR (2008) PERBEDAAN ANTRIBUT SOFT SKILL "INISIATIF" PADA MAHASISWA STIKES YARSIS SEBELUM DAN SESUDAH DILAKUKAN ROLE PLAY. [Undergraduate Thesis]
|
PDF
KT01285_abstract.pdf Download (418kB) | Preview |
Abstract
Soft skill merupakan semangat yang dibutuhkan seseorang untuk memulai sesuatu, karena seseorang yang berinisiatif tidak akan menunggu sampai sesuatu terjadi, melainkan melakukan sesuatu. Kurangnya mahasiswa berinisiatif, dapat mengakibatkan motivasi, komunikasi, dan kreatifitas mereka menjadi kurang sehingga memberikan respons yang negatif dalam perilaku mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan sikap dalam atribut soft skill "inisiatif" sebelum dan sesudah diberikan role play pada mahasiswa STIKES YARSIS. Desain penelitian ini Pra experiment one group pratest-posttest design. Populasinya seluruh mahasiswa Sl Keperawatan Tahun ajaran 2007-2008 berjumlah 96 mahasiswa. Dengan sampel berdasarkan kriteria inklusi. Besar sampel responden 41 responden diambil secara probability sampling. Data diambil dengan menyebarkan kuesioner (skala guttman) sebelum dan sesudah diberikan role play. Analisis data menggunakan uji wilcoxon dengan SPSS 11.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilakukan role play sebagian besar dari responden memiliki motivasi (65,85%), komunikasi (75,62%), dan kreatifitas (60,98%) yang cukup. Sedangkan sesudah dilakukan role play sebagian besar dari responden memiliki motivasi (58,54%), komunikasi (63,41%), dan kreatifitas (65,85%) yang baik. Hasil uji wilcoxon berdasarkan motivasi didapatkan p = 0,013 <a= 0,05 maka Ho ditolak berarti ada perbedaan perilaku dalam motivasi pada mahasiswa SI Keperawatan tahun ajaran 2007-2008 STIKES YARSIS, berdasarkan komunikasi didapatkan p = 0,000 < u = 0,05 maka Ho ditolak berarti ada perbedaan perilaku dalam komunikasi pada mahasiswa S 1 Keperawatan tahun ajaran 2007-2008 STIKES YARSIS, berdasarkan kreatifitas didapatkan p = 0,000 <a= 0,05 maka H0 ditolak berarti ada perbedaan perilaku dalam kreatifitas pada mahasiswa SI Keperawatan tahun ajaran 2007-2008 STIKES YARSIS. Kesimpulan penelitian ini adalah ada perbedaan perilaku inisiatif dalam motivasi, komunikasi, dan kreatifitas sebelum dan sesudah dilakukan role play. Bagi mahasiswa yang telah berperilaku ke arah positif diharapkan dapat mengembangkan dirinya sehingga dapat meningkatkan kualitas lulusan dari suatu institusi.
Item Type: | Undergraduate Thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | softfkill, inisiatif, motivasi, komunikasi, kreatifitas, role play. |
Subjects: | R Medicine > RC Internal medicine > RC435-571 Psychiatry |
Divisions: | Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Diploma III Nursing |
Depositing User: | Mr. . Adit |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 04:14 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 04:14 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/3986 |
Actions (login required)
View Item |