WIDAYANTI, YULI
(2018)
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU SOSIAL PADA ANAK DI TK ISLAM AL-IRSYAD CANDI SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Perilaku sosial adalah bentuk perilaku yang ditunjukan oleh individu dalam masyarakat yang dapat diterima dan memberikan manfaat bagi orang lain maupun teman sebayanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi perilaku sosial pada anak di TK Islam A-Irsyad Candi Sidoarjo.
Desain penelitian ini menggunakan deskriptif. Populasi seluruh TK B Al- Irsyad Candi Sidoarjo berjumlah 40 anak. Besar sampel 40 anak secara nonprobabiliy sampling, menggunakan teknik total sampling dengan cara seluruh anggota populasi sebagai responden atau sampel. Pengumpulan data menggunakan lembar checklist dan kuesiner, dianalisis secara deskriptif.
Penelitian ini menunjukkan bahwa dari 40 responden, 22 responden (56.1%) faktor kecerdasan emosional kategori tinggi, 20 responden (51.3%) faktor motivasi kategori tinggi, dan 25 responden (63.4%) faktor agama kategori cukup.
Simpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa responden sehingga memiliki faktor kecerdasan emosional dan faktor motivasi yang tinggi, diharapkan guru mempertahankan agar anak mampu mengontrol kecerdasan emosional dan dapat memotivasi dirinya sendiri sehingga dapat membuat perilaku sosial anak menjadi baik. Sedangkan faktor agama yang cukup, diharapkan agar guru mampu meningkatakan kualitas anak dengan memberikan pembelajaran yang dapat menanamkan akhlak kepada anak sehingga dapat membuat perilaku sosial anak menjadi baik.
Actions (login required)
|
View Item |