EFEKTIVITAS DISKUSI KELOMPOK TERHADAP GANGGUAN PERILAKU KORBAN SCHOOL BULLYING PADA ANAK KELAS V DAN VI DI MI ROUDLOTUL BANAT SIDOARJO

SARI, ERICHA QURANI PUTRI (2018) EFEKTIVITAS DISKUSI KELOMPOK TERHADAP GANGGUAN PERILAKU KORBAN SCHOOL BULLYING PADA ANAK KELAS V DAN VI DI MI ROUDLOTUL BANAT SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-KP-180027_abstract.pdf

Download (763kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-19725.html

Abstract

School Bullying telah dikenal sebagai gangguan perilaku yang paling bermasalah, dimana ditemukan di kalangan anak-anak sekolah. Dari sekelompok anak yang sama-sama mengalami gangguan perilaku akibat school bullying dapat diterapkan pemberian dengan metode diskusi kelompok. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas diskusi kelompok terhadap gangguan perilaku korban school bullying. Desain dalam penelitian ini menggunakan Pra-Experiment dengan pendekatan one group pre-post test design. Populasi dalam penelitian ini seluruh anak kelas V dan VI yang mengalami gangguan perilaku korban school bullying di MI Roudlotul Banat Sidoarjo yaitu sebanyak 38 responden, dengan besar sampel 35 responden. Pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling dengan Teknik Simple Random Sampling. Data yang telah didapatkan dengan lembar kuesioner dilakukan uji normalitas terlebih dahulu. Hasil penelitian sebelum diberikan diskusi kelompok pada anak kelas V dan VI di MI Roudlotul Banat Sidoarjo didapatkan nilai rata-rata (mean) 66,23 dan sesudah diberikan diskusi kelompok pada anak kelas V dan VI di MI Roudlotul Banat Sidoarjo didapatkan nilai rata-rata (mean) 77,8. Hasil uji statistik Paired T-Test di dapatkan nilai ρ = 0.000 dengan tingkat kemaknaan α = 0.05. Berarti ρ < α, maka H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya ada efektivitas diskusi kelompok terhadap gangguan perilaku korban school bullying pada anak kelas V dan VI di MI Roudlotul Banat Sidoarjo. Simpulan penelitian ini bahwa diskusi kelompok efektiv untuk menguragi gangguan perilaku korban school bullying, diharapkan para guru dapat menerapkan metode diskusi kelompok sebagai program untuk menambah wawasan, pengetahuan juga upaya mengurangi gangguan perilaku pada korban school bullying.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSANTY, WESIANA HERISNIDN0723067701wesiana@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Diskusi Kelompok, Gangguan Perilaku, School Bullying.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 10 May 2019 01:19
Last Modified: 08 Dec 2021 02:51
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/4438

Actions (login required)

View Item View Item