MAISARO, RIA
(2018)
GAMBARAN PERILAKU CARING PERAWAT TERHADAP PERAWATAN LANSIA DI PANTI JOMPO GRIYA WERDHA JAMBANGAN SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Salah satu peran dan fungsi perawat salah satunya yakni bertanggung jawab penuh terhadap keamanan diri pasien dalam pelaksanaan asuhan keperawatan, karena selama 24 jam perawat yang bekerja memberikan pelayanan. Akan tetapi ada beberapa faktor penyebab yang mempengaruhi perilaku caring perawat seperti pendidikan terakhir mayoritas dari perawat yang bekerja di Panti adalah lulusan dari D3 keperawatan, kurangnya pengetahuan dan pengalaman tentang perawatan lansia, fresh greduate, dan jumlah perawat yang tidak sesuai dengan jumlah lansia di Panti Jompo sehingga penerapan caring kurang optimal. Perawat membantu berpartisipasi, membantu memperoleh pengetahuan dan meningkatkan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku caring perawat terhadap perawatan lansia di Panti Jompo Griya Werdha Jambangan Surabaya.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan besar sampel 33 perawat. Pengambilan sampel menggunakan non Probability Sampling dengan teknik total sampling. Variabel Independen adalah perilaku caring perawat, penelitian ini menggunakan kuesioner dan data dianalisis menggunakan statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 33 responden sebesar 6 responden (18,2%) mempunyai perilaku caring sangat baik, 20 responden (60,6%) mempunyai perilaku caring baik terhadap perawatan lansia, dan 7 responden (21,2%) mempunyai perilaku caring cukup.
Simpulan penelitihan, sebagian besar perawat yang bekerja di Panti Werdha Surabaya mempunyai perilaku caring baik terhadap perawatan lansia. Salah satu peran dan fungsi perawat salah satunya yakni bertanggung jawab penuh terhadap keamanan diri pasien dalam pelaksanaan asuhan keperawatan, oleh karena itu diharapkan perawat dapat meningkatkan kemampuan pemahaman tentang perawatan pada lansia. sehingga dapat meningkatkan kemampuan skill dengan pemahaman yang sudah baik.
Actions (login required)
|
View Item |