VIBRIANTI, MAYLINDA
(2015)
HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN PERSONAL HYGIENE ANAK PADA SISWA KELAS 3 DAN 4 DI SD TAMAN PENDIDIKAN ISLAM GEDANGAN SIDOARJO.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Kebersihan personal perlu diperhatikan, namun pada kenyataanya kurangnya pengetahuan yang dimiliki oleh anak usia dibawah 10 tahun atau siswa yang duduk di pendidikan sekolah dasar akan mempengaruhi kemauan untuk personal hygiene. Tujuan penelitian mengetahui hubungan tingkat pengetahuan anak dengan personal hygiene pada siswa kelas 3 dan 4 di SD Taman Pendidikan Islam Gedangan Sidoarjo
Desain penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi sluruh siswa kelas 3 dan kelas 4 di SD Taman Pendidikan Islam Gedangan Sidoarjo sebesar 44 siswa, sampel adalah seluruh populasi. Variabel independent tingkat pengetahuan siswa dan variabel dependent personal hygiene. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan uji statistik rank spearman dengan tingkat signifikan α = 0,05.
Hasil penelitian dari 44 responden hampir setengahnya (40,9%) pengetahuan kurang, dan hampir setengahnya (40.9%) personal hygiene kurang. Hasil uji rank spearman didapatkan nilai ρ (0,008) < α (0,05), maka Ho ditolak yang artinya ada hubungan tingkat pengetahuan anak dengan personal hygiene pada siswa kelas 3 dan 4 di SD Taman Pendidikan Islam Gedangan Sidoarjo.
Semakin tinggi tingkat pengetahuan semakin baik personal hygiene pada siswa kelas 3 dan 4 di SD Taman Pendidikan Islam Gedangan Sidoarjo. Orang tua diharapkan meningkatkan pengetahuan, memberi contoh dan melakukan
pengawasan kepada anak tentang personal hygiene.
Actions (login required)
|
View Item |