PENGARUH PERMAINAN STICK ANGKA TERHADAP KETANGKASAN ANAK USIA DINI DI PPT PERMATA BUNDA WONOCOLO SURABAYA

CHURRIYAH, INDAH (2019) PENGARUH PERMAINAN STICK ANGKA TERHADAP KETANGKASAN ANAK USIA DINI DI PPT PERMATA BUNDA WONOCOLO SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-190001_abstract.pdf

Download (735kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-21610.html

Abstract

Permainan stick angka adalah media pembelajaran sederhana yang bermanfaat sebagai sarana bermain anak. Media ini menunjang pembelajaran anak karena dapat dapat melatih ketangkasan anak untuk belajar berhitung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan permainan stick angka terhadap ketangkasan anak usia dini di PPT Permata Bunda Wonocolo Surabaya. Desain penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dan sampelnya adalah anak kelas B di PPT Permata Bunda Wonocolo Surabaya. Variabel dalam penelitian ini adalah melatih ketangkasan anak usia dini melalui permainan stick angka. Pengumpulan data ini menggunakan lembar observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan rumus distribusi frekuensi tunggal untuk mengetahui tingkat keberhasilan anak. Hasil penelitian pretest sebagian besar (58,8%) anak mulai berkembang (MB). Sedangkan hasil posttest adalah (82,4%) anak berkembang sangat baik (BSB). Dari paparan data tersebut meningkat (24,2%) artinya permainan stick angka merupakan media yang tepat untuk melatih ketangkasan anak usia dini. Simpulan penelitian ini adalah permainan stick angka dapat mempengaruhi ketangkasan anak usia dini dalam mengenal angka di PPT Permata Bunda Wonocolo Surabaya.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKARTINI, YANISNIDN0722026501yanis_youarenice@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Permainan stick angka, ketangkasan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 16 May 2019 05:44
Last Modified: 01 Dec 2021 05:03
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/4683

Actions (login required)

View Item View Item