HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET GAME DENGAN KEJADIAN TEMPER TANTRUM ANAK USIA DINI TK. KURNIA SIMOMULYO BARU KEC. SUKOMANUNGGAL SURABAYA

KHOTIJAH, NINUK SITI (2019) HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET GAME DENGAN KEJADIAN TEMPER TANTRUM ANAK USIA DINI TK. KURNIA SIMOMULYO BARU KEC. SUKOMANUNGGAL SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-190008_abstract.pdf

Download (900kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-21679.html

Abstract

Saat anak mengalami tantrum, banyak orang tua yang beranggapan bahwa hal tersebut merupakan sesuatu yang negatif, orang tua membantu anak menghadapi emosi yang normal secara wajar dan bagaimana bertindak dengan cara yang tepat sehingga tidak menyakiti diri sendiri dan orang lain ketika anak tantrum. Kemungkinan salah satu faktor penyebab temper tantrum adalah penggunaan gadget game. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis hubungan penggunaan gadget game dengan kejadian temper tantrum anak usia dini TK. Kurnia Simomulyo Baru. Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional. Populasinya adalah orang tua yang memiliki anak berusia 4 – 6 tahun di TK Kurnia Simomulyo Baru Kec. Sukomanunggal sebesar 37 orang. Besar sampel 34 Responden yang diambil dengan teknik simple random sampling.Variabel independent yaitu penggunaan gadget game dan variable dependent yaitu kejadian temper tantrum. Analisis Data menggunakan uji Rank Spearman, dengan kemaknaan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan gadget game hampir setengahnya (44,1%) tergolong sedang, kejadian temper tantrum sebagian besar (58,8 %) tergolong rendah. Uji rank spearman didapatkan P value = 0,00 karena P<α (0,00 < 0,05) artinya terdapat hubungan yang signifikan penggunaan gadget game dan kejadian temper tantrum karena P<α (0,00 < 0,05). Semakin rendah penggunaan gadget game maka akan semakin rendah kejadian temper tantrum. Bagi orang tua agar lebih mengontrol penggunaan gadget game agar tidak lebih dari 30 menit tiap hari.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorASTUTI, PUJINIDN0703037204puji@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Gadget Game, Temper Tantrum
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 17 May 2019 01:24
Last Modified: 01 Dec 2021 06:26
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/4693

Actions (login required)

View Item View Item