MURTININGSIH, MURTININGSIH
(2019)
PENINGKATAN KETERAMPILAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT ASPARAGUS SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Keterampilan bahasa anak adalah keterampilan mengucapkan bunyi - bunyian atau artikulasi kata - kata berkomunikasi dengan orang lain dan menyatakan perasaan, namun anak di PPT Asparagus keterampilan bahasa anak belum optimal. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan bahasa adalah metode bercerita menggunakan media boneka tangan, sehingga pembelajaran pada anak usia dini tidak membosankan dan tidak monoton.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode bercerita menggunakan media boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan bahasa pada anak usia 3-4 tahun di PPT Asparagus Surabaya. Metode penelitian dilakukan dengan tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini yaitu anak usia 3-4 tahun berjumlah 10 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan keterampilan bahasa yang dicapai anak di PPT Asparagus Surabaya lebih meningkat dibandingkan dengan sebelumnya (prasiklus) di mana keterampilan bahasa anak hanya mencapai 37,5%, namun setelah dilakukan penelitian tindakan kelas melalui metode bercerita menggunakan boneka tangan, pada siklus I mengalami peningkatan mencapai
49,16%, maka dari itu dilakukan penelitian ulang sehingga pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 82,5%, dimana tingkat pencapaian tersebut sudah memenuhi target penilaian yaitu ≥75%.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pembelajaran melalui metode bercerita menggunakan boneka tangan dapat dikatakan berhasil dalam rangka meningkatkan keterampilan bahasa anak usia 3-4 tahun, untuk itu disarankan pada peneliti selanjtnya memberikan metode bercerita menggunakan media yang bervariasi sehingga dapat meningkatkan keterampilan bahasa.
Actions (login required)
|
View Item |