PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA DI USIA 3-4 TAHUN PPT KARYA MANDIRI SURABAYA

MAMLUKHA, SITI (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA DI USIA 3-4 TAHUN PPT KARYA MANDIRI SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-190017_abstract.pdf

Download (686kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-21740.html

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah kemampuan anak mengenal bahasa yang kurang maksimal. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dilakukan peningkatan kemampuan bahasa anak melalui metode bercerita. Rancangan penelitian mengacu pada alur PTK dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilakukan secara bersiklus. Subyek penelitian adalah peserta didik PPT Karya Mandiri Kecamatan Bubutan Surabaya, yang berjumlah 35 anak terdiri dari 20 anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Penelitian ini dilaksan akan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, dengan masing-masing tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi yang berupa lembar pengamatan, dokumentasi, hasil karya. Metode analisis data yang digunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan secara kolaboratif dengan teman sejawat, peneliti di sini bertindak sebagai guru dan teman sejawat sebagai observer/pengamat. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan bahasa yang dicapai anak usia 3-4 tahun di PPT Karya Mandiri Surabaya lebih meningkat di bandingkan dengan sebelumnya. Kemampuan bahasa anak hanya mencapai 43%, namun setelah dilakukan praktek penelitian tindakan kelas melalui metode bercerita, pada siklus pertama mengalami peningkatan mencapai 64%, maka dari itu dilakukan penelitian ulang sehingga pada siklus kedua mengalami peningkatan mencapai 85%, dimana tingkat pencapaian tersebut sudah memenuhi target penelitian yaitu>75%, Begitu pula dengan guru lebih mudah dalam menyampaikan metode bercerita, dan memberikan pembelajaran yang menyenangkan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pembelajaran melalui metode bercerita dapat dikatakan berhasil dalam rangka meningkatkan kemampuan bahasa anak usia 3-4 tahun, untuk itu disarankan pada semua guru dapat memberikan kegiatan bercerita dengan menyenangkan sehingga dapat menarik anak untuk belajar.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFirdaus, FirdausNIDN0713016904firdaus@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Metode bercerita, Kemampuan bahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 17 May 2019 04:14
Last Modified: 11 Apr 2023 01:38
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/4711

Actions (login required)

View Item View Item