KHOMAENI, AYATULLAH
(2019)
PENGARUH HEALTH EDUCATION MELALUI MEDIA GERAK DAN LAGU TERHADAP PENGETAHUAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN ANAK SEKOLAH DASAR DI SDN SUKAJERUK 1 MASALEMBU SUMENEP.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Cuci tangan pakai sabun merupakan tehnik dasar yang paling penting dalam pencegahan dan pengontrolan penularan infeksi yang terjadi pada anak yang harus ditangani agar dapat terhindar dari penyakit. Anak membutuhkan pengetahuan yang cukup dan sikap positif terhadap cuci tangan pakai sabun. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Health Education dengan media gerak dan lagu terhadap pengetahuan cuci tangan pakai sabun pada anak sekolah dasar.
Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental dengan one group pre- test-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV, V dan VI di SDN SUKAJERUK 1 MASALEMBU SUMENEP Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh sehingga seluruh siswa sebanyak 39 siswa menjadi responden dalam penelitian ini. Variabel independen adalah health education menggunakan media gerak dan lagu. Variabel dependen adalah pengetahuan dan sikap cuci tangan pakai sabun. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner kemudian dianalisis menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test dengan tingkat signifikan < 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa health education menggunakan media gerak dan lagu memiliki pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan pengetahuan (ρ = 0,004) dan sikap (ρ = 0,001) cuci tangan pakai sabun pada anak sekolah dasar.
Health education menggunakan media gerak dan lagu dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap cuci tangan pakai sabun pada anak sekolah dasar.
Actions (login required)
|
View Item |